Monday, October 5, 2015

Membersihkan Bahan Stainless

Filled under:

Membersihkan Bahan Stainless

Stainless steel merupakan bahan yang banyak dipakai di dapur, peralatan masak, eksterior rumah dan gedung, pabrik-pabrik, mesin pengolahan, pagar, tangga dan bahkan perhiasan karena ketahanannya terhadap panas, korosi, dan noda. Bisa dibilang stainless steel ini difungsikan untuk kerja berat hahaha...

Sebelumnya saya review dulu tentang stainless steel ini. Stainless steel ialah baja tahan karat yang mengandung Kromium. Pada peralatan yang terbuat dari stainless steel kadar kromiumnya 10% dan kemampuan tahan karat didapat dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi.
Lapisan ini mencegah karat dan mengurangi resiko bercak-bercak menjadi permanen.
Meskipun peralatan stainless steel tahan terhadap karat akan tetapi tidak tahan terhadap noda dan apalagi noda kerak air. Apabila permukaan stainless jarang kita bersihkan, tertutup minyak dan kotoran, reaksi tersebut tidak bisa berlangsung sehingga permukaannya menjadi lebih rentan berkarat.
maka akan terlihat kusam dan lama kelamaan akan menimbulkan bintik-bintik hitam dan memicu karat pada peralatan stainless anda.

Nah, Saya akan bagi tips untuk membersihkan dan merawat stainlesssteel anda.
Sebenarnya sih tak perlu memakai bahan kimia keras atau cairan kimia untuk membersihkan stainless steel. Malah sebenarnya sebisa mungkin hindarilah cairan yang bersifat abrasif yang kemungkinan besar bisa menyebabkan kerusakan. Cairan pembersih stainless steel, seperti C** keluaran unil*v*r bisa anda gunakan. Usahakan untuk mengikuti arah serat stainless steel, dimana biasanya serat stainless steel ini lebih keliatan pada jenis stainless steel hair line ketika dilap atau digosok.
Buat  yang simple, Cuci perangkat stainless steel dengan air hangat dan spons cuci piring, gunakan aja sabun cuci piring supaya lemak alias minyaknya hilang, kalo di mesin biasanya suka banyak minyak pelumas. Trus bilas, lap dengan kain kering, nanti lama lama kena angin juga kering.
Disemprot pembersih kaca juga bisa, kemudian diusap dengan kain mikrofiber, bilas dan kemudian keringkan.
Untuk mengatasi noda yang mengering dan menempel pada permukaan stainless steel, gunakan cairan pembersih stainless steel seperti outosol, Zipp, dll dengan menggunakan spons atau sikat agar noda noda yang nempel tersebut pada rontok.
Untuk pagar stainless, tangga stainless, ornament atau pajaganan dari stainless. Anda dapat membersihkannya dengan dicuci menggunakan detergen, abis itu tinggal bilas dan keringkan.
Oya, untuk noda yang membandel bisa memakai dengan baking soda. Baking sodanya dicampur dengan sedikit air hingga kental. Oleskan di bagian yang ada nodanya, diamkan dahulu selama setengah jam sampai meresap, setelahnya baru dilap dan dibilas.

Tapi kalau uda terlanjur lama kagak dirawat dan ketutup minyak sehingga proses karat gak bisa dihindari lagi trus gimana dong?
Nah, itulah sebabnya saya sering tekankan agar mencari stainless steel dengan jenis yang berkualitas, karena ada banyak kualitas stainless steel : KW 2, KW 1.
Adapun cara membersihkan stainless steel yang berkarat yaitu
·         Cairan cuka
Salah satu cara yang mudah untuk membersihkan stainless steel bisa menggunakan cara merendam cairan asam semalaman saja. Apabila Anda merendam dalam cairan asam maka akan dengan mudah membantu dalam membersihkan perabotan yang menggunakan stainless steel yang berkarat. Cairan asam yang digunakan sebaiknya menggunakan cairan cuka apel. Dipilih cuka apel karena bahan ini sangat efektif dalam mengatasi perabotan rumah tangga yang berkarat. Anda dapat menggunakan cuka putih apabila dirasa cuka apel tidak ada. Namun perlu Anda ketahui bahwa reaksi yang dirasakan akan lebih maksimal apabila menggunakan cuka apel.
·         Cairan lemon atau jeruk nipis
Anda dapat menggunakan cairan lemon dan jeruk nipis untuk membantu dalam menghilangkan karat pada perabotan berbahan aluminium. Caranya sangat mudah dengan merendam dalam cairan lemon atau jeruk nipis. Namun sebelumnya balurkan garam pada perabotan tersebut apabila tidak mau menempel bisa berikan sedikit air.
·         Bersihkan menggunakan bahan kimia
Ada pilihan lainnya jika cara diatas dirasakan tidak efektif yaitu menggunakan bahan kimia fosfat atau asam klorida. Fosfat atau pun asam klorida adalah salah satu jenis asam yang memiliki harga yang murah dan mudah didapatkan untuk membantu menghilangkan karat pada perabotan rumah tangga. Cara menggunakan bahan kimia fosfat atau asam klorida yaitu dengan merendam dalam cairan asam klorida atau fosfat dan keringkan. Biarkan hingga mengering dan kikis dengan lembut hingga bagian yang berkarat hilang. Apabila Anda ingin menemukan asam fosfat diperoleh dari minuman kola, rumput laut dan juga molase. Perlu Anda ketahui bahwa asam klorida atau fosfat ini biasanya digunakan para pengusaha baja untuk mengawetkan baja dan juga menghilangkan kerak air. Pada bahan asam klorida atau fosfat ini adalah jenis bahan yang biasanya digunakan sebagai pembersih kamar mandi atau kakus pada toilet.
·         Kentang
Mungkin banyak dari kita tidak mengetahui mengenai manfaat dari kentang pada penggunaannya pada bahan stainless steel. Perlu Anda ketahui bahwa bahwa kentang dapat digunakan sebagai bahan pembersih karat atau kerak karena kandungan yang ada didalamnya. Biasanya apabila menggunakan kentang bisa digunakan untuk membersihkan karat untuk bahan stainless steel yang kecil. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan untuk benda yang kecil sebaiknya ditusukkan saja. Namun apabila belum maksimal bisa dilakukan dengan dengan mengoleskan bagian stainless steel dengan soda kue dan digosokkan dengan kentang.
·         Cairan bahan lain yang ada di rumah
Anda juga bisa menggunakan cairan bahan lain yang ada di rumah untuk dapat membersihkan stainless steel yang berkarat. Bisa dilakukan dengan merendam didalam minuman kola yang harus diketahui. Dengan menggunakan cairan bahan lain yang ada di rumah bisa menggunakan soda kue dan juga pasta gigi yang dioleskan. Apabila Anda mengoleskan dengan kedua bahan ini selanjutnya dengan menggosoknya dengan pasta gigi. Untuk membuat kerak korosi dan juga karat pada perabotan stanless steel akan rontok.
Setelah Anda mengetahui mengenai cara membersihkan stainless steel yang berkarat alangkah baiknya jika setelah merendamnya menggosok menggunakan bahan aluminium. Dengan menggunakan bahan aluminium akan membuat kerak karena karat bis dihilangkan. Anda dapat menggunakan cara ini sehingga membantu agar tidak selalu membuat bahan stainless steel selalu dibuang.


Poles Stainless Steelnya Yuk!
Stainless steel yang dipoles bisa mengembalikan kilau dari stainless steel tersebut apalagi jika jenis stainless steelnya adalah mirror, dengan memoles stainless steel ini berarti kita juga sekaligus melindungi permukaannya. Kalau ditemukan goresan atau kayak kusam begitu, poles aja stainless steelnya. Ini dia cara memoles stainless steel yang bisa anda praktekkan :
Yang pertama, Gunakan produk pemoles stainless steel siap pakai dan ikuti petunjuk pemakaiannya hehehe... ini sih yang paling praktis dan efektif.
Yang kedua, kalau mau yang lebih alami sebagai alternatif, setelah stainlessnya bersih, poles stainless steelnya dengan perasan lemon atau cuka putih yang udah dituangkan ke kain.
Minyak zaitun dan baby oil juga bisa dipakai untuk memoles. Kalo minyak yang dua ini aman buat stainless steel, lain lemaknya :D
Perawatan rutin membuat stainless steel lebih mudah dibersihkan dan pencegahan noda sebagai berikut selalu lebih baik daripada kerja keras untuk menghilangkannya.
Tetapi gak perlu khawatir banget jika uda pake bahan yang benar-benar stainless steel yang bagus, jarang sekali pada berkarat. Lain halnya dengan logam yang lain seperti besi, aluminium, dll. Stainless steel ini benar benar awet, gak merepotkan, tidak selunak besi apalagi aluminium dan juga aman (food grade). Gak salah lagi kalau pilih bahan stainless steel.

9 komentar:

  1. Trims atas info nya yang bener2 sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya sangat membantu kami yang bergerak dalam usaha kerajinan stainless seperti trolley stainless, ember stainless, milkcan, tiang antrian dan produk lainnya

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu saya ternyata banyak trik-trik dalam merawat stainless, sangat membantu bagi saya yang punya usaha fabrikasi stainless, semoga kita bisa bekerja sama. untuk melihat produk-produk kami silahkan Klik disini

    ReplyDelete
  4. sangat membantu sekali.. Terimakasih yaa

    ReplyDelete
  5. trims infonya, spa tau pagar rumahku bebas karat

    ReplyDelete
  6. Belanja ke mana ?
    Harganya berapa ?
    Minimal order berapa ?

    ReplyDelete