Monday, July 27, 2015

Tangki Stainless Steel

Keuntungan Pembuatan Tangki Stainless Dengan Bahan Tahan Lama




Tangki stainless steel seringkali digunakan untuk keperluan dalam bidang industri. Hal dikarenakan tangki jenis tersebut memiliki ketahanan yang sangat kuat dan bahkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun semua ketahanan yang dimiliki tangki itu tidak terlepas dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Ya, bahan penggunaan stainless steel untuk pembuatan tangki stainless steel adalah jenis bahan yang memang sudah terkenal dengan tingkat kekuatan serta ketahanannya yang berjalan dalam jangka waktu lama. Lalu apa sih yang dimaksud dengan stainless steel?

Stainless Steel
Stainless stell adalah bentuk nama yang digunakan untuk sebuah perpaduan zat logam yang terjadi antara kromium dan juga besi. Stainless steel seringkali dikatakan sebagai bahan yang tahan karat karena sangat tahan terhadap noda berkarat. Unsur dari stainless steel adalah besi murni yang mana sangat rentan dan bahkan tidak stabil, sehingga memudahkannya untuk menjadi bahan yang mudah berkarat, Hal ini terjadi seperti halnya pada bijih besi yang diekstraksi, sehingga menimbulkan karat karena reaksi dengan oksigen pada hadapan air yang dilakukannya. Namun hal tersebut tidak akan terjadi kembali pada stainless steel. Hal ini dikarenakan kandungan dari kromium yang dimilikinya akan membentuk satu lapisan yang sangat transparan dan melakukan pasif kromium oksida, sehingga mencegah stainless steel untuk terjadi kerusakan terhadapnya baik secara mekanik atau bahkan kerusakan kimia.

Stainless steel bahkan dalam bidang metalurgi juga dikenal dengan istilah inox yang mana memiliki kandungan dari kromium sebanyak 11% per massanya. Selain istilah inok, stainless steel ini juga memiliki sebutan lain dari corrosion resistant steel atau dikenal sebagai baja yang anti terhadap korosi. Besarnya tingkat dari kromium dalam stainless steel, membuatnya menjadi bahan yang tahan lama terutama untuk menghindari terjadinya korosi. Kekuatan untuk menahan korosi tersebut pun dimiliki oleh bahan stainless steel dengan waktu yang cukup signifikan, sehingga menguntungkan para penggunanya.
Berkat kemampuan dari bahan stainless steel tersebut, akibatnya banyak sekali para produsen dari industri tangki menggunakan bahan tersebut, termasuk untuk produsen dari luar negeri. Hal ini tentunya membuat jenis tangki stainless steel tersebut menjadi ratu dan pilihan utama di kalangan industri tersebut dengan pertahanan utama yang bermula dari kekuatan serta ketahanan yang dimilikinya. Selain itu, dengan bahan penggunaan stainless steel untuk pembuatan tangki stainless steel tersebut pun. maka biaya yang biasanya dikeluarkan dapat lebih terjangkau baik dari operasionalnya atau bahkan untuk perawatan serta kualitas yang diberikan pun terjamin.

Keunggulan Stainless Steel
Keunggulan yang dimiliki dari jenis tangki yang satu ini adalah tidak berbahaya untuk digunakan bagi kesehatan, dan bahkan sangat aman. Hal ini dikarenakan pada tangki stainless tersebut biasanya mengandung  zat atau senyawa dari antibacterial property yang mana zat tersebut dapat berguna untuk membunuh berbagai macam bentuk bakteri. Bakteri- bakteri tersebut biasanya tersimpan dalam bentuk larutan atau bahkan cairan yang terdapat dalam tangki itu. Oleh sebab itulah tidak heran apabila banyak sekali pihak industri pengelola makanan menggunakan jenis tangki yang satu ini untuk mengelola bahan yang mereka produksi dalam bentuk makanan atau pun minuman tersebut.
Dalam penggunaannya jenis tangki dari bahan stainless steel ini juga seringkali direkomendasikan oleh beberapa ahli dan juga mereka yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar, karena penggunaannya yang menggunakan bahan stainless steel tersebut, termasuk dalam jenis bahan yang 100% tidak membahayakan para penggunanya. Selain itu, jenis bahan yang satu ini juga dapat didaur ulang. Karena itulah jenis tangki yang satu ini pun menjadi lebih populer dalam penggunaannya, karena memang sangat efisien dan juga tidak merusak lingkungan.

Selain itu, tangki yang satu ini juga bisa tahan dari sengatan api dan juga tahan panas, sehingga lebih memungkinkan baginya untuk menghindari terjadi scaling dan juga mempertahankan bentuk temperatur tinggi di dalamn ya. Pada penggunaan stainless steel ini juga sangat mudah untuk dikenakan karena sifat membersihkan yang juga sangat mudah untuk dilakukan terhadapnya. Hal ini bermula dari jenis tangki tersebut yang tidak memiliki permukaan berpori , sehingga kebersihan atas alat produksi pun dapat dilakukan dengan mudah. Oleh karena itulah dikatakan sebagai tangki yang cocok untuk digunakan sebagai alat dalam produksi makanan atau minuman. Karena memang penggunaan tangki dari jensi bahan stainless steel ini sangat menguntungkan para penggunanya.

Baja Nusantara menjual bahan bahan untuk pembuatan tangki stainless steel dan menyediakan jasa roll plat untuk dibuat tangki. 



1 komentar:

  1. bos, numpang tanya kalo buat dandang stainless kayak gambar di atas kap.3500 ltr ,kena brapaan ya bos ..trims

    ReplyDelete