Monday, July 27, 2015

Stainless Steel 430

Mengenal Stainless Steel 430

Stainless steel 430 adalah salah satu jenis tipe dari material logam stainless steel. Produk logam ini memiliki tingkat karbon yang sangat rendah dan material dengan bentuk polos. Industri akan lebih sering menggunakan material dari stainless steel 430 karena memikiki sifat yang sangat tahan terhadap korosi atau karat, memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap sistem oksidasi jika tekanan suhu sangat tinggi. Selain itu material logam ini memiliki sifat yang sangat ulet, tidak mudah mengeras saat berhadapan dengan suhu dingin dan bisa dibentuk dengan menggunakan perlengkapan khusus. Namun material ini juga memiliki beberapa kelemahan seperti tidak mudah untuk dilas sehingga sulit untuk disambung dengan material lain, jika disambung dengan las maka akan memperlihatkan bentuk yang tidak dinamis. Selain itu stainless steel 430 juga mudah rusak atau parah jika digunakan di lingkungan dengan suhu dibawah nol derajat. Namun material stainless steel benar-benar murni dan tidak mengandung material dari nikel atau molybdenum.

Industri Pemakai Stainless Steel 430
Jenis dari stainless steel 430  banyak dipakai untuk beberap jenis industri yang masih mentolerir karat dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu beberapa industri yang membutuhkan material tahan panas juga akan menggunakan produk ini. Beberapa jenis industri yang sering memakai produk ini adalah seperti otomotif untuk membuat trim pada mobil, atap untuk bangunan rumah pada bagian penguat di dinding, berbagai jenis perlengkapan dapur, kamar mandi, wastafel, mesin cuci dan beberapa jenis industri yang berhubungan dengan sistem pipa dan tabung. Produk yang dihasilkan akan tahan terhadap panas lebih dari 800 derajat celcius.

Komposisi Kimia Penyusun Material
Bahan dari stainless steel memang terdiri dari berbagai jenis produk kimia atau senyawa yang terkandung secara alamil. Stainless Steel 403 terdiri dari besi (kurang dari 0,12 %), Chrom (antara 16-19%), nikel (antara kurang dari 1%), Mangan (antara kurang dari 1 %).

Keunggulan Stainless Steel 430
Produk stainless steel 430 merupakan salah satu jenis baja yang mengandung kromium dan mengandung beberapa kelompok baja feritik. Baja ini juga termasuk sebagai salah satu baja yang tahan terhadap karat dan  material baja yang mudah dibentuk. Selain itu beberapa pemakaian baja ini juga bisa menahan mekanik dengan beberapa tingkat berat. Produk ini juga tahan terhadap asam nitrat sehingga sering digunakan untuk keperluan industri kimia. Produk ini juga mudah digabungkan dan biasanya dirancang dengan sistem penyambung sekrup.

Sifat Stainless Steel 430
Stainless steel 430 merupakan salah satu jenis baja yang paling banyak digunakan untuk industri. Berikut ini adalah beberapa sifat utama yang menjadi alasan pemakaian dalam industri.
a.     Tahan Karat
Karena memiliki nilai feritik maka produk stainless steel 430 memiliki sifat yang tahan terhadap karat dan bisa bekerja cukup baik. Bahkan material ini memiliki sifat yang sangat tahan terhadap berbagai komponen atau zat kimia seperti berbagai jenis asam organik dan asam nitrat.
b.    Ketahanan Panas
Produk dari stainless steel 430 memiliki sifat yang mampu menahan oksidasi dengan ketahanan suhu sekitar 870 derajat Celcius. Jika digunakan secara terus menerus maka mampu menahan hingga 815 derajat Celcius. Tapi jika digunakan pada suhu kamar maka bisa membuat produk mejadi lebih rapuh dan kurang tahan lama.
c.     Solusi untuk Ketahanan Panas
Meskipun produk ini memiliki masalah jika digunakan pada suhu kamar namun bisa diatasi dengan pemakaian penahan khusus yang bisa membuat produk bisa bekerja maksimal untuk suhu diatas 800 derajat Celcius. Pengaturan suhu yang baik bisa membuat produk menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rapuh.
d.    Sistem Penyambungan
Sistem penyambungan bisa menggunakan las yang membutuhkan suhu sekitar 200 derajat Celcius. Pengelasan membutuhkan keterampilan yang tinggi untuk mencegah masalah baru seperti bocor atau menimbulkan bekas bulir pada besi.
Tehnik untuk pemakaian stainless steel 430 bisa disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan jenis industri yang sesuai. Namun produk ini sangat ramah terhadap lingkungan sehingga sering menjadi produk alternatif yang bisa menyebabkan pencemaran seperti pada kasus kebocoran pipa gas.

Baja Nusantara menjual stainless steel jenis 430. Silahkan menghubungi marketing kami untuk mengetahui rangkaian produk yang kami jual beserta harganya. Info telepon ada di kolom kontak.

Kunjungi juga website kami lainnya : www.bajanusantara.com, www.jualstainlesssteel.com

0 komentar:

Post a Comment