Saturday, May 3, 2014

Mild Steel Baja Ringan

 Stainless Steel vs Mild Steel

mild steel
Kadang banyak dari kita sebagai pemain besi bertanya tentang penggunaan Stainless steel atas baja ringan atau mild steel dalam kompetisi aplikasi header yang selalu muncul dalam dunia industri dan konstruksi. Jika melihat dari segi umur , update , dan kualitas, stainless steel merupakan pilihan yang tepat dan baik. Kualitas stainless steel tentu lebih baik, untuk umur juga lebih awet dibanding mild steel atau baja ringan. Stainless steel seperti yang telah diketahui dan banyak saya utarakan dalam blog saya memiliki tingkat ketangguhan yang sangat baik dan tahan karat, mau kena air, kimia, panas yang tinggi, garam, tetap saja bertahan. Pilihlah selalu kualitas stainless steel yang baik. Terkadang produsen dari stainless steel tersebut juga ikut menentukan kualitas dari stainless steel, telitilah selalu sebelum memilih. Stainless steel di Indonesia umumnya diimpor dari Jepang, Korea selatan, Taiwan, China, India.

Karena itu banyak mesin-mesin industri yang memakai stainless steel daripada mild steel, supaya tahan terhadap panas, kalau tidak akan menjadi bencana. Walau dari segi biaya stainless steel lebih tinggi dari mild steel namun untuk ke depannya, cost yang didapat justru lebih menguntungkan dan lebih hemat karena pada awalnya yang dibeli adalah kualitas.

Walaupun mild steel atau baja ringan dari segi perbandingan dengan stainless steel tidak lebih baik, namun mild steel dibandingkan dengan baja konvensional lebih baik.
Mari kita artikan apa itu mild steel atau baja ringan, yaitu baja yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Jenis-jenis mild steel dikelompokan sesuai nilai tegangan tarik dan fungsinya.
Contoh produk baja ringan atau mild steel yang sering kita dengar adalah rangka atap baja ringan. Rangka ini menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik yang tinggi atau sering disebut dengan G550. Ada juga beberapa produk rumah tangga yang memakai bahan mild steel namun bahan dan jenisnya sedikit berbeda yaitu dengan tegangan tarik yang lebih rendah  seperti G250 dan G300, dimana bahan ini lebih flexible, lentur dan agak lunak, memudahkan untuk dibentuk sesuai yang diinginkan oleh para produsen baja.
Walaupun mild steel lebih ringan dan tipis namun dia cukup kuat untuk menahan beban berat. Banyak kontraktor untuk konstruksi non structural seperti penutup atap menggunakan baja ringan jenis G300.
Perlu diakui bahwa mild steel ini lebih unggul daripada baja konvensional. Kekuatan tarik baja G550 adalah sebesar Mpa/megapascal
Komponen baja sendiri terdiri dari besi/Fe dan karbon/C. Namun perpaduan kedua unsur ini membuat baja menjadi tidak tahan dengan unsur-unsur kimia, air dan rentan terjadinya karat dan korosi. Karena itu jika anda ingin memakai baja ringan atau mild steel lapisilah terlebih dahulu dengan antikarat agar lebih awet dan tahan lama. Berbeda dengan stainless steel dimana stainless steel ini dibuat sedemikian hingga untuk mencegah terjadinya karat dan korosi serta tahan banting dalam menghadapi situasi yang biasa ditemui. Stainless steel juga dapat didaur ulang dan seri food gradenya yaitu type 304 aman untuk kontak langsung dengan makanan, minuman sehingga sering dibuat menjadi botol susu, tempat makan dan lainnya karena sangat aman buat anak-anak dan bayi. Mengingat banyak juga bahan plastik yang berbahaya bagi anak-anak karena terpapar bisphenol A.

Kami tidak menjual mild steel ataupun baja konvensional, namun ini hanya sebagai gambaran singkat untuk anda yang sedang mencari perbedaan antara mild steel atau baja ringan dengan baja konvensional dan stainless steel. Jika ingin mengetahui lebih detail, anda bisa melihat-lihat situs yang paling terkenal yang menyajikan banyak informasi memadai yaitu : http://en.wikipedia.org/wiki/Stainless_steel
Yang kami jual adalah stainless steel dimana besi-besi ini sangat berkualitas. Baja nusantara berusaha untuk memberikan kualitas dan harga terbaik bagi anda para pelanggan setia kami dan juga para customer baru. Jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami di nomor telepon yang tertera di blog atau silahkan kunjungi website kami di :
www.banus.indonetwork.co.id
www.jualstainlesssteel.web.id
www.bajanusantara.com
www.supplierstainlesssteel.com

0 komentar:

Post a Comment