Wednesday, April 2, 2014

Apa Itu Stainless Steel?

Filled under:


Mengenal Stainless Steel




Stainless steel adalah sejenis baja yang sering dikenal sebagai baja tahan karat. Hal ini dikarenakan stainless steel tidak hanya terbuat dari baja saja, tetapi juga banyak campuran lainnya misalnya besi, silicon, nikel, mangan, krom, dan juga karbon dan molybdenum.

Proses Karat
Proses karat yakni berawal dari oksigen yang terkandung dalam udara dan air bereaksi dengan elemen-elemen yang terkandung dalam sebuah baja. Maka terbentuklah produk dari korosi alias proses karat, yakni metal oksida dan hidroksida.

Mengapa Stainless Steel Bisa Tahan Karat?
Adanya kandungan krom dalam baja justru dapat membuat semacam lapisan anti karat yang dapat mencegah terjadinya proses korosi. Stainless steel mengandung krom, sekitar 10%. Komposisi dari lapisan anti karat ini membentu protective layer atau lapisan pelindung yang dapat mencegah terjadinya kororsi.
Lapisan anti karat merupakan reaksi dari oksigen dan kromium. Sehingga terjadilah lapisan film oksida kromium. Hal ini tentunya berbeda sekali dengan protective layer lainnya pada baja yang biasanya dilindungi dengan coating dari unsur cadmium dan seng atau juga cat.  
Karenanya, proses karat pada stainless steel sangat sedikit sekali terjadi. Tak heran jika produk ini dinamakan sebagai baja tahan karat.
Adanya lapisan anti korosi tipis ini justru mencegah terjadinya proses korosi selanjutnya. Sehingga dapat diibaratkan bahwa lapisan anti korosi ini merupakan tembok yang dapat menghalangi senyawa seperti air dan oksigen untuk bersentuhan dengan permukaan logam. Mengapa disebut dengan stainless steel karena stainless berarti tidak bernoda, justru karena terlindung oleh suatu lapisan karat dalam skala atomik atau jumlahnya sangat kecil dan tidak terlihat mata.
Jika dibandingkan dengan besi biasa, maka tentunya stainless steel lebih unggul dalam hal tahan karat. Stainless steel adalah baja tahan karat yang mempunyai lapisan pelindung kecil yang hanya bisa dilihan dengan menggunakan alat bantu. Mata biasa tidak bisa melihatnya. Berbeda dengan besi biasa yang pada permukaannya tidak dilindungi oleh apapun. Karena itulah permukaan besi biasa dapat bereaksi dengan oksigen, da terbentuklah lapisan Fe2O3 atau biasa disebut sebagai hidroksida. Seiring berjalannya waktu, lapisan ini dapat menjadi semakin menebal. Inilah yang sering disebut dengan karat.

Keuntungan Stainless Steel
Seperti yang sudah disebutkan di atas, stainless steel adalah baja tahan karat sehingga tahan terhadap karat. Selain itu, stainless steel juga tahan terhadap suhu baik rendah maupun tinggi. Membuat produk dari stainless steel juga mudah karena stainless steel dapat dipotong, dibentuk, ditekuk, digulung, dll tanpa mengalami kesulitan. Karena itu banyak kita temui banyak perusahaan stainless steel maupun toko stainless juga menawarkan jasa potong tekuk roll bending plat maupun pipa. Banyak sekali industri baja yang menerima pesanan pembuatan produk dari stainless steel karena permintaan konsumen yang juga meningkat.
Di samping keuntungan seperti yang sudah disebutkan di atas, stainless steel juga mempunyai sifat higienis dan sebagian malah food grade seperti contoh stainless type 304, 316. Kualitas stainless steel tak diragukan lagi. Sehingga tidak heran sering digunakan dalam pembuatan produk untuk digunakan dalam proses farmasi, produksi makanan dan minuman, seperti tangki untuk proses pemanasan di rumah sakit, tangki penyimpanan air, baik air steril, boiler. tangki double jacket, kitchen set, bahan dasar mesin produksi makanan dan minuman. Stainless steel juga sering digunakan dalam proses pembuatan makanan. Misalnya saja panci, pisau, wajan, kitchen set, piring, sendok, dll.
Karena permukaannya mengkilap dan indah, baja stainless sering juga digunakan sebagai dekorasi pada rumah-rumah di jaman sekarang ini (ornament). Misalnya asbak, ukiran pada kap lampu, lampu hias untuk eksterior rumah, pot tanaman, hiasan dinding, hiasan berupa patung atau jenis kriya lainnya, kaki meja dan kaki kursi, dll. Beberapa interior juga sering kali menggunakan stainless steel. Misalnya bingkai pada cermin, handle pintu, dll. Dekorasi pada gedung-gedung, perkantoran, restaurant, rumah pribadi, galery dan otomotif

Contoh produk terbuat dari stainless steel :

pipa ornament kilat

stainless steel 304


stainless steel 304

5 komentar:

  1. sangat menarik, semoga kita bisa bekerja sama, kami bergerak dalam bidang fabrikasi stainless, silahkan kunjungi web kamii untuk melihat produk kerajinan stainless kami

    ReplyDelete
  2. izin copy dan share artikelnya buat namabah referensi saya yang sedang mempelajari pembuatan standing poster stainless

    ReplyDelete
  3. terimakasih, informasinya sangat membantu saya yang sedang merintis usaha dalam bidang fabrikasi
    trolley stainless murah
    pot bunga stainless unik dan elegant
    meja stainless kokoh

    ReplyDelete